My Banner

Kamis, 14 Juli 2011

Vocaloid : Apa sih Vocaloid?

Diposting oleh Pashya Mauluddy di 20.46
Vocaloid (ボーカロイド) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android".


Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi. 



Secara singkat, Vocaloid adalah software yang memiliki bank data suara dari berbagai pengisi suara.  Jadi, kita bisa membuat para vocaloid itu bernyanyi dengan memasukan lirik lagu. Tampilan layar software vocaloid ini mirip seperti music sheet. Disana kita bisa mengetik lirik lagunya, serta menciptakan nada untuk lagu tersebut. Kita juga dapat mengatur tempo lagu dan sebagainya. Bagi seseorang yang sudah mengerti musik mungkin akan mudah menggunakan software tersebut, namun sebaliknya, bagi seseorang yang sama sekali tidak mengerti musik maupun not-not maka akan sulit menggunakan software ini.
Beginilah kira-kira screenshot dari software vocaloid

2 komentar:

Dheka Vallent on 11 Oktober 2011 pukul 06.30 mengatakan...

om saya minta tutorial nya donk boleh kan ... kalo boleh kirim keblog saya iya ... terima kasih om ...

Pashya Mauluddy on 18 Oktober 2011 pukul 06.36 mengatakan...

"om"? hehe, saya cewe kok ^^a
tutorial cara menggunakan software vocaloid, ya? Nanti saya cari deh, banyaknya sih yg versi video tutorial. Nanti kalau udah ada copas aja dari postingan saya

Posting Komentar

Partner

 

Vocaloid Site Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare

Edited by Pashya Mauluddy
Vocaloid - Kagamine Len